Berita Global

Kendati Naikkan Proyeksi Inflasi, BOJ Pertahankan Kebijakan Ultra Longgar

Selasa, 18 Januari 2022 | 10:47 WIB
Kendati Naikkan Proyeksi Inflasi, BOJ Pertahankan Kebijakan Ultra Longgar

ILUSTRASI. Gubernur Bank of Japan (BOJ) Haruhiko Kuroda dalam acara konferensi pers BOJ di Tokyo, Jepang, 21 September 2017. REUTERS/Toru Hanai/File Photo

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Bank of Japan (BOJ) pada Selasa (18/1) meningkatkan proyeksi inflasi negeri itu, sejalan dengan risiko kenaikan harga. Pembaruan proyeksi ini menggarisbawahi kenaikan inflasi yang didorong kenaikan harga komoditas baru-baru.

Namun karena laju inflasi hingga tahun-tahun mendatang diproyeksikan masih di bawah target 2% yang ditetapkan, BOJ menekankan tekadnya untuk mempertahankan kebijakan moneter ultra-longgar. Kebijakan itu tetap diusung BOJ, bahkan ketika rekan-rekannya di negara lain menjauh dari kebijakan mode krisis.

Sesuai dengan perkiraan, pada pertemuan yang berakhir hari ini, BOJ tidak mengubah target untuk suku bunga jangka pendek dari -0,1%. BOJ janji untuk memandu suku bunga jangka panjang ke kisaran 0%.

Dalam laporan prospek triwulanan, BOJ merevisi naik proyeksi inflasi untuk tahun fiskal 2022 yang dimulai pada April menjadi 1,1% dari 0,9%.

Baca Juga: China Memangkas Suku Bunga  

BOJ juga menaikkan perkiraan inflasi untuk tahun fiskal 2023 menjadi 1,1% dari 1,0%.

"Risiko terhadap harga umumnya seimbang," kata BOJ dalam laporannya. Itu dibandingkan dengan penilaiannya pada Oktober, yang mengatakan risiko terhadap prospek harga condong ke sisi bawah.

Pasar fokus pada komentar Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda pada briefing pasca-pertemuan untuk petunjuk tentang bagaimana kenaikan tekanan harga dapat mempengaruhi prospek kebijakan bank sentral.

Inflasi merayap naik menuju target BOJ bukan karena ekonomi mendapatkan traksi tetapi karena faktor eksternal. Situasi ini memperumit masalah bagi pembuat kebijakan yang mencoba menjelaskan bagaimana pergerakan harga baru-baru ini dapat memengaruhi kebijakan moneter di masa depan.

Baca Juga: Bursa Asia Menguat, Investor Pertimbangkan Pemulihan Ekonomi

Lonjakan inflasi grosir dan kenaikan biaya impor dari yen yang lemah telah menyebabkan kenaikan harga untuk berbagai barang, memukul rumah tangga pada saat pertumbuhan upah tetap lambat.

Beberapa analis memperkirakan inflasi konsumen inti melebihi 1,5% di sekitar bulan April, karena hambatan dari biaya telepon seluler tahun lalu berkurang dan kenaikan biaya minyak di masa lalu mendorong tagihan listrik.

Dengan kenaikan yang didorong oleh harga bahan baku yang lebih tinggi, daripada harapan untuk kenaikan permintaan domestik, prioritas jangka pendek BOJ adalah untuk menghindari blip sementara dalam inflasi dari memicu spekulasi pasar tentang pengetatan kebijakan awal.

Namun, mengabaikan kenaikan tekanan harga terlalu banyak, dapat mengurangi persepsi publik tentang kenaikan harga di masa depan dan menggagalkan upaya BOJ untuk meningkatkan inflasi ke targetnya, kata para analis.

Terbaru