Berita *Global

Layanan Cloud Amazon Padam, Platform Streaming dan Beragam Aplikasi Terganggu

Rabu, 08 Desember 2021 | 10:39 WIB
Layanan Cloud Amazon Padam, Platform Streaming dan Beragam Aplikasi Terganggu

ILUSTRASI. Acara AWS Indonesia di Pacific Place, Jakarta, Senin (4/11).

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - BENGALUR. Layanan cloud Amazon pada Selasa (7/12) waktu Amerika Serikat (AS) mengalami pemadaman berskala besar, melumpuhkan platform streaming Netflix dan Disney+, aplikasi investasi online Robinhood.

Situs e-commerce Amazon.com dan berbagai aplikasi belanja lainnya yang sedang mengharapkan peningkatan belanja menjelang musim liburan, tidak luput dari pemadaman.

“Banyak layanan yang telah pulih. Namun kami masih bekerja untuk memulihkan seluruh layanan,” demikian pernyataan Amazon di dasbor statusnya.

Kamera keamanan Ring Amazon, aplikasi mobile banking Chime, dan pembuat penyedot debu robot iRobot, yang menggunakan Amazon Web Services (AWS) melaporkan masalah pemadaman itu dalam halaman media sosial mereka.

Baca Juga: Konglomerasi Besar Berbisnis Data Center, Terpikat Margin yang Menggiurkan

Aplikasi perdagangan Robinhood dan layanan streaming Walt Disney Disney+ dan Netflix juga terganggu, menurut Downdetector.com.

"Netflix yang menjalankan hampir semua infrastrukturnya di AWS tampaknya telah kehilangan 26% lalu lintasnya," kata Doug Madory, kepala analisis internet di perusahaan analitik Kentik.

Amazon mengatakan pemadaman itu terkait dengan perangkat jaringan dan terkait dengan antarmuka pemrograman aplikasi, atau API, yang merupakan seperangkat protokol untuk membangun dan mengintegrasikan perangkat lunak aplikasi.

Baca Juga: Jeff Bezos, umumkan sumbangan US$ 443 juta untuk perubahan iklim  

Downdetector.com menunjukkan lebih dari 24.000 insiden yang dilaporkan terkait masalah dengan Amazon, termasuk Prime Video dan layanan lainnya. Situs web pelacakan pemadaman mengumpulkan laporan status dari sejumlah sumber, termasuk kesalahan yang diajukan pengguna pada platformnya.

Pengguna mulai melaporkan masalah pada Selasa (7/12) pukul 22.40 WIB. Sejak itu dan pemadaman mungkin telah memengaruhi lebih banyak pengguna.

Amazon telah mengalami 27 pemadaman selama 12 bulan terakhir terkait dengan layanannya, menurut situs web peninjau alat ToolTester.

Pada bulan Juni, situs web termasuk Reddit, Amazon, CNN, PayPal, Spotify, Al Jazeera Media Network dan New York Times dilanda pemadaman yang luas selama satu jam akibat terganggunya layanan Fastly Inc. Ini adalah penyedia jaringan pengiriman konten yang berbasis di AS, saingan yang lebih kecil dari AWS.

Terbaru