Berita Global

Masa Jabatan Sudah Berakhir, Powell Menjadi Ketua Sementara Federal Reseve

Sabtu, 05 Februari 2022 | 21:42 WIB
Masa Jabatan Sudah Berakhir, Powell Menjadi Ketua Sementara Federal Reseve

ILUSTRASI. FILE PHOTO: Jerome Powell dalam sesi rapat dengan komisi perbankan senat di Capitol Hill, Washington, AS, 12 Februari 2020. REUTERS/Yuri Gripas/File Photo

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Jerome Powell hari ini menjadi ketua sementara Federal Reserve, untuk memastikan kepemimpinan di bank sentral Amerika Serikat tidak terganggu. Saat ini, pencalonan Biden sebagai ketua berikut The Fed masih menanti konfirmasi dari Senat.

“Dewan Federal Reserve menunjuk Jerome H. Powell sebagai Ketua Pro Tempore, menunggu konfirmasi Senat untuk masa jabatan kedua sebagai Ketua Dewan Gubernur,” demikian kutipan dari pernyataan The Fed, Jumat (4/2).

“Tindakan tersebut, yang berlaku efektif 5 Februari, memungkinkan dia untuk terus menjalankan tugasnya sebagai Ketua setelah berakhirnya masa jabatannya pada hari yang sama, dan selama proses pengukuhan sedang berlangsung.”

Pemungutan suara tentang pencalonan kembali Powell dan empat nominasi Fed lain di komite Perbankan Senat berlangsung pada 15 Februari. Seluruh anggota Senat akan mempertimbangkan pencalonan dijadwalkan berlangsung setelah itu.

Baca Juga: 10 Aset Kripto Berkapitalisasi Pasar Terbesar Tertekan Rencana The Fed

Terakhir kali masa jabatan ketua Fed berakhir sebelum Senat mengkonfirmasi masa jabatan baru adalah pada tahun 1996. Alan Greenspan menjabat sebagai ketua Fed pro tempore dari 3 Maret hingga 20 Juni.

Powell memulai masa jabatan empat tahunnya sebagai ketua Fed pada 5 Februari 2018. Biden mengumumkan pencalonan kembali Powell sebagai ketua Fed pada November.

Pada sidang Januari lalu, anggota komite perbankan senat dari kedua partai yang berkuasa mengatakan akan mendukung pencalonan Powell untuk masa jabatan berikutnya.

Powell tetap bertanggung jawab atas kebijakan moneter. Komite Pasar Terbuka Federal secara terpisah menunjuknya sebagai ketuanya pada pertemuan Januari, kata The Fed pada hari Jumat.

Terbaru