Berita Market

Merdeka Copper Mau Rights Issue Rp 3,4 Triliun, Harga Saham MDKA Melesat Pagi Ini

Rabu, 22 Desember 2021 | 10:10 WIB
Merdeka Copper Mau Rights Issue Rp 3,4 Triliun, Harga Saham MDKA Melesat Pagi Ini

ILUSTRASI. Merdeka Copper (MDKA) akan menggelar rights issue dengan menerbitkan saham baru di harga Rp 2.830 per saham. KONTAN/Carolus Agus Waluyo

Reporter: Herry Prasetyo | Editor: A.Herry Prasetyo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga saham PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) pagi ini melesat menyusul rencana perusahaan menggelar rights issue. 

Kemarin, MDKA mengumumkan akan menggelar Penawaran Umum Terbatas (PUT) II dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) alias rights issue. 

Dalam aksi korporasi ini, MDKA akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 1.206.000.000 saham. 

Baca Juga: Multistrada (MASA) Akuisisi Michelin Indonesia Senilai Rp 205 Miliar

Harga pelaksanaan rights issue dipatok sebesar Rp 2.830 per saham. Dengan demikian, nilai penerbitan saham baru ini mencapai Rp 3,4 triliun. 

MDKA akan menggunakan seluruh dana bersih yang diperoleh dari rights issue ini untuk kebutuhan likuiditas umum, belanja modal, dan modal kerja. 

 

 

Aksi korporasi ini ditujukan untuk memperkuat struktur permodalan MDKA sehingga memberikan nilai tambah untuk mendukung kinerja perusahaan. 

Jika pemegang saham tidak melaksanakan HMETD yang dimilikinya, kepemilikan pemegang saham akan terdilusi dengan persentase maksimum sebesar 5%. 

Baca Juga: Emtek (EMTEK) Gelar Private Placement via MESOP Periode Ketiga di Harga Rp 1.791

MDKA akan meminta persetujuan pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan digelar pada 27 Januari 2022. 

Pada perdagangan pagi ini, harga saham MDKA dibuka di posisi Rp 3.820 per saham. Hingga pukul 10.05 WIB pagi ini, harga saham MDKA sempat menyentuh posisi tertinggi di Rp 3.940 per saham. 

Terbaru