Berita Market

Nafsu Lahap Aset Berisiko Naik, Harga Emas Hari Ini Turun

Senin, 04 November 2019 | 13:23 WIB
Nafsu Lahap Aset Berisiko Naik, Harga Emas Hari Ini Turun

ILUSTRASI. Emas batangan dan koin di ruangan safe deposit boxes di Pro Aurum, Munich, Jerman, 14 August 2019.

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Harga emas hari ini turun sebagai tanda kemajuan menuju kesepakatan perdagangan antara Amerika Serikat (AS) dan China dan data pekerjaan negeri uak Sam yang kuat meningkatkan nafsu melahap aset berisiko ketimbang logam mulia.

Mengutip Reuters, harga emas hari ini di pasar spot turun 0,1% menjadi US$ 1.511,42 per ons troi pada pukul 12.19 WIB. Sementara harga emas berjangka AS naik 0,2% ke level US$ 1.513,90 per ons troi.

AS dan China pada Jumat (1/11) mengatakan, mereka membuat kemajuan dalam pembicaraan yang bertujuan untuk meredakan perang dagang yang berlangsung hampir 16 bulan dan telah merugikan ekonomi global. Pejabat AS bilang, kesepakatan bisa kedua negara tandatangani bulan ini.

Baca Juga: Harga emas Antam hari ini turun tipis ke Rp 763.000

Pasar mengambil optimisme lebih jauh dari data-data ekonomi pekan lalu yang meredakan kekhawatiran perlambatan akibat perang perdagangan yang telah lama terjadi antara dua ekonomi terbesar di dunia tersebut.

Tambah lagi, data Departemen Ketenagakerjaan AS menyebutkan, pertumbuhan lapangan kerja di negeri uak Sam pada Oktober lebih tinggi dari ekspektasi. Sementara upah tenaga kerja naik 3% lebih.

Dalam jangka pendek, sentimen pasar terlalu baik bagi investor untuk memperhatikan emas," kata Margaret Yang Yan, Analis Pasar CMC Markets, yang menambahkan, dolar AS yang lebih lemah membatasi kerugian logam mulia.

Dolar AS mencoba untuk reli pada Jumat pekan lalu setelah kenaikan upah tenaga kerja AS lebih tinggi dari proyeksi. Tapi bagaimanapun, itu kalah oleh sebuah survei yang menunjukkan, indeks manufaktur melambat.

Baca Juga: Harga emas kembali bangkit pagi ini, pasca koreksi akhir pekan lalu

"Tapi, dalam jangka menengah panjang, masih ada harapan untuk emas karena The Fed akan mengurangi suku bunga tahun depan untuk memperkuat ekonomi dan meningkatkan kepercayaan pasar menjelang pemilu AS," ujar Yan kepada Reuters.

Pekan lalu, bank sentral AS memotong suku bunga untuk ketiga kalinya di tahun ini, dan memberi sinyal tidak akan ada pengurangan lebih lanjut kecuali perekonomian menjadi lebih buruk.

Bursa saham Asia naik ke puncak tertinggi selama 14 minggu terakhir pada Senin (4/11), karena pasar semakin optimisme dengan pembicaraan perdagangan AS-Cina dan data pekerjaan negeri uak Sam. Ini mendorong selera investor global ke aset berisiko.

Terbaru