Berita Bisnis

OJK: Hasil Pemeriksaan Bank Mandiri Menentukan Tindakan yang Akan Diambil OJK

Minggu, 21 Juli 2019 | 06:20 WIB

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemeliharaan sistem PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) yang dilakukan beberapa waktu lalu, tidak berjalan secara sempurna. Akibatnya, Sabtu (20/7) pagi sebanyak 10% data atau sekitar 1,5 juta nasabah mengalami perubahan saldo, baik berkurang maupun bertambah. Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Heru Kristiyana memastikan akan melakukan klarifikasi terhadap direksi Bank Mandiri.

Heru, menyatakan, sebagian klarifikasi sudah dilakukan oleh Bank Mandiri pada hari Sabtu. Sedangkan, klarifikasi selanjutnya akan dilakukan OJK terhadap Bank Mandiri hari Senin (22/7). "Hasil pemeriksaan akan menentukan tindakan yang akan diambil OJK untuk memastikan tidak terjadi lagi hal serupa," tutur Heru, kepada KONTAN, Sabtu.

Heru tidak mau berandai-andai jika ternyata hasil menunjukkan ada kelalaian pada pihak Bank Mandiri. Dia juga tidak mau menyebut hukuman apa yang bisa dijatuhkan, jika terbukti ada kelalaian.

Baca Juga: Begini kronologi lengkap kasus berubahnya saldo rekening nasabah Bank Mandiri

"Nanti akan ditentukan hasil pemeriksaannya terlebih dahulu. Yang penting hari ini (Sabtu) sudah diperbaiki dan normal kembali," imbuh Heru.


Reporter: Yuwono Triatmodjo
Editor: Yuwono triatmojo


Baca juga