Berita Bisnis

Pengusaha Kaji Pembangunan Terminal di Rest Area Trans Jawa

Kamis, 10 Januari 2019 | 07:14 WIB

ILUSTRASI. Rest area jalan tol Trans Jawa

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi pengusaha bus mengkaji pembangunan terminal di rest area untuk melancarkan operasional jalan tol Trans Jawa. Pengoperasian terminal di rest area jalan tol bertujuan agar masyarakat pengguna bus bisa naik dan turun dari angkutan bus dari dalam area tol hingga lebih mudah menuju ke tempat tujuan. Terminal dalam rest area jalan tol diharapkan bisa terlaksana saat mudik Lebaran 2019.

Kurnia Lesani Adnan, Ketua Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), menyatakan, tengah mengkaji potensi dan dampak pembangunan terminal di rest area dalam jalan tol Trans Jawa. "Idenya adalah membuat hub terminal di rest area, pada titik tertentu di kota besar seperti di Semarang, Batang, dan Solo agar masyarakat bisa naik dan turun dari hub tersebut," kata Kurnia, Rabu (9/1).

Untuk mengakses hub di rest area jalan tol itu akan dibangun sistem feeder dengan bus kecil dari dan menuju terminal daerah. Tujuannya agar bus utama yang di jalan tol, tidak lagi harus keluar masuk gerbang tol sehingga bisa memangkas inefisiensi.

Kurnia menargetkan kajian ini dapat segera selesai. Pembangunan hub terminal dan operasi feeder tersebut bisa dilakukan dalam waktu dekat.

Reporter: Tane Hadiyantono
Editor: Thomas Hadiwinata


Baca juga