ILUSTRASI. Belanja daring.
Reporter: Bidara Pink, Dikky Setiawan | Editor: Dikky Setiawan
KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Suka atau tidak suka, Indonesia merupakan surganya bisnis perdagangan online alias e-commerce. Betapa tidak. Setiap tahun, pertumbuhan bisnis e-commerce di negeri ini selalu melonjak tinggi. Lihat saja data yang dirilis oleh Bank Indonesia (BI). Bank sentral mencatat, transaksi e-commerce di Indonesia terus meningkat sejak 2017.
Menurut data BI, pada 2017, transaksi e-commerce masih berada di angka Rp 42,2 triliun. Namun, pada tahun 2018, transaksi e-commerce membengkak menjadi Rp 105,6 trilun atau naik 150,24% secara tahunan atau year on year (yoy). Eloknya, jumlah nilai transaksi e-commerce tersebut melonjak lagi pada 2019 menjadi Rp 205,5 triliun atau tumbuh 94,69% secara yoy.
Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.
Sudah berlangganan? Masuk
Berlangganan Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi, bisnis, dan investasi pilihan
Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari
Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.