Berita Market

Proyeksi IHSG: Dibayangi Sentimen Negatif

Selasa, 17 September 2019 | 05:10 WIB
Proyeksi IHSG: Dibayangi Sentimen Negatif

ILUSTRASI. IHSG hari ini diperkirakan melemah

Reporter: Benedicta Prima | Editor: A.Herry Prasetyo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok di awal perdagangan pekan ketiga September 2019.

Senin (16/9) kemarin, IHSG melemah 1,82% ke 6.219,43. Investor asing juga konsisten mencetak jual bersih Rp 558,92 miliar.

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana menilai, pelemahan IHSG didorong saham sektor barang konsumen yang turun akibat keputusan pemerintah menaikkan tarif cukai rokok hingga 23%.

Kenaikan tersebut di luar prediksi emiten rokok setelah pada tahun ini tidak ada kenaikan cukai. "Kenaikan cukai menyebabkan koreksi saham rokok, seperti HMSP dan GGRM," jelas dia.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee menilai, kondisi pasar hari ini seharusnya bisa positif mengingat The Fed akan mengumumkan kebijakan moneter pekan ini.

Kendati begitu, IHSG masih dibayangi sentimen negatif tren kenaikan harga minyak yang bisa menekan neraca dagang Indonesia. Kenaikan harga minyak terjadi lantaran ada serangan drone di fasilitas minyak Aramco, Arab.

Baca Juga: Serangan ke Fasilitas Minyak Saudi Aramco Akan Membuat Harga Minyak Melonjak

Jadi, hari ini IHSG masih berpotensi melemah. Pelaku pasar akan wait and see menunggu keputusan FOMC.

Herditya memprediksi, IHSG hari ini akan bergerak antara 6.150-6.260. Sedangkan Hans memprediksi, IHSG hari ini bergerak di kisaran 6.193-6.266.

 

Terbaru