Berita Bisnis

Pusat Distribusi Electronic City (ECII) Segera Beroperasi

Rabu, 13 Februari 2019 | 07:55 WIB
Pusat Distribusi Electronic City (ECII) Segera Beroperasi

Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Tedy Gumilar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tidak berapa lama lagi, PT Electronic City Indonesia Tbk (ECII) akan mengoperasikan pusat distribusi terbaru. Dengan luas 19.750 meter persegi (m²) dan luas gudang 12.600 m², pusat distribusi yang terletak di Citeureup, Bogor, Jawa Barat, itu akan memperkuat pasokan produk Electronic City ke jejaring gerai miliknya.

Sekretaris Perusahaan PT Electronic City Tbk, Roland Hutapea, mengemukakan pembangunan proyek tersebut sudah mencapai tahap akhir. Kelak, secara total perusahaan ini akan memiliki 11 pusat distribusi yang tersebar di beberapa wilayah.

"Saat ini (pembangunan) sudah memasuki tahap akhir persiapan sebelum beroperasi," ujar dia kepada KONTAN, Selasa (12/2).

Dengan beroperasinya pusat distribusi baru, maka sirkulasi produk-produk Electronic City akan lebih terjaga. Apalagi, pusat distribusi tersebut akan difokuskan untuk menjaga pasokan ke gerai-gerai di sekitar Jakarta.

Untuk menggarap proyek pusat distribusi, emiten berkode saham ECII di Bursa Efek Indonesia ini menggelontorkan dana tak kurang dari Rp 200 miliar. Separuh dana digunakan untuk akuisisi lahan dan setengahnya lagi untuk pembangunan fisik.

Selain merampungkan proyek tersebut, ECII akan menerapkan strategi bisnis untuk menggenjot pertumbuhan pada tahun ini. Manajemen juga melakukan konsolidasi internal, baik dari sisi bisnis maupun SDM.

Sedangkan agenda menambah gerai juga masih akan berlanjut pada tahun ini. Namun Roland tidak memerinci jumlah gerai baru yang akan dibuka pada tahun ini. "Penambahan gerai pasti ada, karena kami akan selalu menggelar ekspansi. Namun, untuk lokasinya belum bisa kami informasikan," kata dia.

Berdasarkan catatan KONTAN, pada tahun lalu ECII mengalokasikan dana investasi sebesar Rp 35 miliar untuk membangun lima gerai baru. Untuk tahun ini, manajemen ECII belum mau memerinci alokasi dana yang disiapkan untuk ekspansi.

Hingga tahun lalu, Electronic City memiliki 54 gerai yang tersebar di 27 kota pada 14 provinsi di Indonesia. Saat ini gerai ECII menawarkan 250 merek produk, mulai dari produk audio-video, home appliances, mobile device dan gadget serta produk IT.

Roland menambahkan, selain ekspansi gerai fisik dan perbaikan internal, perusahaan ini mengembangkan platform digital miliknya. Electronis City akan merambah mobile apps untuk menyasar pengguna Android OS dan IOS. Sebelumnya, ECII hanya mengandalkan electronic-city.com untuk menggarap penjualan daring.

"Pertumbuhan situs electronic-city.com dari 2017 ke 2018 mengalami peningkatan. Kami yakin tahun 2019 (meningkat) karena sudah mempersiapkan apps," lanjut dia.

Namun Roland belum mau membeberkan target pertumbuhan pada tahun ini. Apalagi salah satu momentum penjualan yakni saat Imlek tidak memberikan efek signifikan bagi penjualan. Yang jelas, ECII masih berharap pada momentum lebaran dan tahun baru untuk mengerek kinerja.

Terbaru