Berita Ekonomi

Sektor Manufaktur Jepang Mulai Belanja Mesin Lagi

Selasa, 13 Juli 2021 | 09:30 WIB
Sektor Manufaktur Jepang Mulai Belanja Mesin Lagi

Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Pesanan mesin inti Jepang kembali tumbuh untuk bulan ketiga berturut-turut di bulan Mei 2021. Ini pertanda baik bagi ekonomi Jepang yang berjuang untuk mengatasi pukulan pandemi virus korona.
Mengutip Reuters, kemarin, pesanan mesin inti berdasarkan data yang dianggap sebagai indikator belanja modal dalam enam hingga sembilan bulan mendatang, melonjak 7,8% dari bulan sebelumnya pada Mei. Angka tersebut mengalahkan perkiraan ekspansi 2,6% oleh para ekonom.
Dari tahun sebelumnya, pesanan mesin inti, yang mengecualikan untuk kapal dan listrik, naik 12,2% pada Mei, mengalahkan kenaikan 6,3% yang diharapkan oleh para ekonom.

Berdasarkan sektornya, pesanan dari produsen tumbuh 2,8%, didorong oleh mesin listrik. Sementara untuk pesanan dari non-manufaktur naik 10,0%. Itu berarti sektor non-manufaktur bisa bangkit dari penurunan tajam bulan sebelumnya
Lonjakan pesanan ini menunjukkan kebangkitan moderat dalam pengeluaran perusahaan yang dianggap pembuat kebijakan sangat diperlukan untuk mempercepat pemulihan ekonomi. Belakangan prospek ekonomi Jepang kembali kabur karena darurat virus korona terbaru.


Baca juga