Berita Ekonomi

Senyawa Dalam Kulit Jeruk Bermanfaat Melawan Virus Corona (Covid-19)

Sabtu, 28 Maret 2020 | 08:30 WIB
Senyawa Dalam Kulit Jeruk Bermanfaat Melawan Virus Corona (Covid-19)

ILUSTRASI. JAKARTA,27/03-PENYEMPROTAN DISINFEKTAN. Dinas Lingkungan Hidup Prov. DKI Jakarta melakukan proses penyemprotan disinfektan di kawasan perkantoran, Sudirman, Jakarta, Jumat (27/03). Proses disinfektan ini sendiri merupakan upaya untuk mencegah penyebaran C

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tim periset sejumlah universitas di Indonesia melakukan penelitian bioinformatika untuk melawan virus corona (Covid-19). Hasilnya, mereka menemukan senyawa yang disinyalir bisa memberikan perlindungan terhadap mikroba dan virus.

Senyawa tersebut adalah golongan flavonoid, yaitu salah satunya hesperidin. Hesperidin ini disinyalir bisa memberikan perlindungan terhadap mikroba dan virus.

Senyawa Hesperidin ternyata mudah diperoleh, yakni salah satunya pada kulit buah jeruk.

Baca Juga: Lima makanan yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Prof Irmanida Batubara, Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) yang juga Kepala Pusat Biofarmaka Tropika (TropBRC) memberikan keterangan resmi atas penelitian itu di situs resmi IPB, www.ipb.ac.id.

Irmanida menganjurkan, selama berdiam di rumah, masyarakat dapat membuat jus jeruk dan jangan lupa untuk ditambah sedikit kulit jeruk yang sudah dicuci bersih.

Baca Juga: Jahe langka dan mahal, berikut makanan yang baik untuk daya tahan tubuh

"Memang akan terasa sedikit pahit. Nah tahanlah sedikit rasa pahit ini karena ini menunjukkan hesperidin ada di dalamnya,” tutur Irmanida, lewat ketarangan resminya, Jumat (27/3).

Untuk yang kurang sanggup mengonsumsi yang pahit, bisa membuat infus water dari jeruk beserta kulitnya.

Selanjutnya
Halaman   1 2
Reporter: Yuwono Triatmodjo
Editor: Yuwono triatmojo


Baca juga