Berita *Global

Tingkatkan Eksplorasi, China Akan Melepas Konsesi Tanah Jarang secara Teratur

Senin, 20 Desember 2021 | 14:54 WIB
Tingkatkan Eksplorasi, China Akan Melepas Konsesi Tanah Jarang secara Teratur

ILUSTRASI. FILE PHOTO: Contoh mineral tanah jarang. 29 Juni 2015. REUTERS/David Becker/File Photo/File Photo

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Pemerintah China akan menawarkan hak mengeksplorasi dan menambang tanah jarang (rare earth) dengan tepat dan teratur, demikian pernyataan pejabat di Beijing yang dikutip Shanghai Securities News pada hari Senin.

Chang Guowu, pejabat di Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi, mengatakan pada konferensi industri bahwa China harus meningkatkan kegiatan eksplorasi di kawasan tambang Bayan Obo di wilayah Mongolia Dalam, serta kawasan lain yang memiliki cadangan tanah jarang.

“(Kita harus) memperluas eksploitasi sumber daya, lebih lanjut meningkatkan manajemen kuota tanah jarang secara keseluruhan dan mengatur pemanfaatan bijih impor dan limbah lain yang mengandung sumber daya tanah jarang," kata Chang, menurut media.

Baca Juga: China: Taiwan Adalah Pengembara yang pada Akhirnya akan Pulang  

China merupakan produsen terbesar tanah jarang, kelompok 17 mineral berharga yang merupakan bahan baku berbagai produk elektronik konsumen dan peralatan militer. Beijing meningkatkan kuota penambangan tanah jarang untuk tahun 2021 menjadi 168.000 ton, yang merupakan rekor tertinggi.

Chang mengingatkan, China masih tertinggal dalam pengembangan dan penerapan produk tanah jarang untuk pasar kelas atas dan segmen yang peduli lingkungan. Mengutip Shanghai Securities News, Chang menyarankan industri menjaga harga produk tanah jarang dalam kisaran yang wajar.

China Minmetals Earth Co Ltd yang didukung negara, pada September, mengatakan induk usahanya merencanakan restrukturisasi strategis lini usahanya yang terkait tanah jarang dengan Chinalco dan pemerintah Ganzhou.

Terbaru