Berita Market

WIR Asia (WIRG) Bakal Mengeruk Laba dari Dunia Virtual

Sabtu, 28 Mei 2022 | 04:25 WIB
WIR Asia (WIRG) Bakal Mengeruk Laba dari Dunia Virtual

Reporter: Aris Nurjani | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan teknologi PT WIR Asia Tbk (WIRG) akan fokus pada pengembangan platform metaverse di Indonesia. Rencana ini diharapkan bisa meningkatkan kinerja ke depan. 

WIRG mulai berbisnis pada 2009 di bidang penyediaan jasa teknologi berbasis augmented reality (AR). Teknologi ini menggabungkan teknologi virtual reality (VR), artificial intelligence (AI), internet of things (IoT), dan teknologi pendukung lainnya. 

WIRG telah menyelesaikan lebih dari 1.000 proyek, yang meliputi proyek pengembangan aplikasi AR dan VR serta proyek branding. WIRG mengerjakan proyek segmen korporasi dari beragam sektor industri yang ada di lebih dari 20 negara.

Baca Juga: Kembangakan Potensi Metaverse, WIR Asia (WIRG) Dirikan Usaha Patungan Baru

Chief Sales & Marketing Officer WIR Group Gupta Sitorus mengatakan, Indonesia merupakan pasar yang besar. Semua sektor industri juga memiliki potensi pengembangan metaverse. 

Bagi Gupta, industri yang akan cepat beradaptasi dan masuk ke metaverse adalah industri yang telah mulai mengadopsi serta mengimplementasikan teknologi digital dalam layanannya. 

Fokus bisnis

WIRG juga beranggapan jika layanan metaverse memiliki prospek yang menarik. "Pertumbuhan industri AR yang terus berkembang akan memberikan ruang besar bagi kami untuk bertumbuh," papar Gupta, kemarin. 

Ke depan, WIRG akan menjalin lebih banyak mitra strategis dari berbagai korporasi. WIR Group saat ini telah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan, di antaranya PT Jaklingko Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia, PT Bank Negara Indonesia, PT Bank Mandiri dan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. 

Agar lebih fokus mengembangkan bisnis metaverse, WIRG membentuk perusahaan patungan. Perusahaan tersebut bernama PT Metaverse Indonesia Makmur. Gupta berharap pembentukan perusahaan patungan ini akan mendorong kemajuan platform metaverse di Indonesia. 

Untuk memuluskan ekspansi di bidang metaverse ini, WIRG antara lain menggunakan dana dari hasil penawaran umum perdana. Emiten yang tercatat di BEI pada 4 Mei ini meraup dana Rp 431,89 miliar dari proses initial public offering (IPO). 

Baca Juga: WIR Asia (WIRG) Agendakan Ekspansi Bisnis ke Filipina (UPDATE)*

Seluruh dana IPO WIRG akan digunakan untuk belanja modal, modal kerja, serta pengembangan usaha WIRG dan anak usaha. Salah satu yang dilakukan adalah mengembangkan teknologi berbasis AR, VR, dan AI. 

Halaman   1 2

Baca juga