Berita Global

Xiaomi Akan Bangun Pabrik yang Bisa Memproduksi hingga 300.000 Unit Kendaraan Listrik

Sabtu, 27 November 2021 | 22:13 WIB
Xiaomi Akan Bangun Pabrik yang Bisa Memproduksi hingga 300.000 Unit Kendaraan Listrik

ILUSTRASI. Pekerja Xiaomi Shanghai, China November 1, 2021. REUTERS/Aly Song

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Xiaomi Corp akan membangun pabrik yang dapat memproduksi hingga 300.000 unit kendaraan listrik setiap tahunnya di Beijing, demikian pernyataan lembaga pemerintah di China, Sabtu (27/11).

Raksasa ponsel itu akan menggulirkan pembangunan pabrik tersebut dalam dua tahap. Xiaomi juga akan membangun kantor pusat unit mobil, kantor penjualan dan penelitian di Zona Pengembangan Ekonomi dan Teknologi Beijing, kata badan pembangunan ekonomi yang didukung pemerintah Beijing E-Town di akun resmi WeChat.

Beijing E-Town mengantisipasi pabrik mencapai produksi massal pada 2024, sesuai dengan target yang telah diumumkan Kepala Eksekutif Xiaomi Lei Jun pada Oktober.

Pada bulan Maret, Xiaomi mengatakan akan berkomitmen untuk menginvestasikan hingga US$ 10 miliar selama 10 tahun ke depan, dalam lini usahanya yang baru, yaitu mobil listrik. Perusahaan menyelesaikan pendaftaran bisnis unit EV-nya pada akhir Agustus.

Perusahaan telah membuka ribuan toko untuk memacu pertumbuhan penjualan smartphone di pasar domestik. Kini, Xiaomi berniat memanfaatkan jaringan gerainya itu sebagai saluran penjualan kendaraan listrik.

Baca Juga: Tesla siap kucurkan US$ 188 juta untuk memperluas pabriknya di Shanghai

Selanjutnya: Belum Punya Izin, Perusahaan Milik Musk Sudah Menawarkan Layanan Internet di India


Baca juga