Berita *Global

Aset Berbasis Uang Kripto Membukukan Arus Masuk Dana selama Lima Pekan

Selasa, 21 September 2021 | 17:08 WIB
Aset Berbasis Uang Kripto Membukukan Arus Masuk Dana selama Lima Pekan

ILUSTRASI. Ilustrasi dari simbol berbagai uang kripto, 29 Juni 2021. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Berbagai produk investasi dan dana berbasis cryptocurrency menikmati arus masuk dana selama lima minggu berturut-turut, seiring dengan membaiknya sentimen pasar. Kondisi itu diperlihatkan data yang dipublikasikan manajer aset digital, CoinShares, pada Senin (21/9).

Aliran dana masuk mencapai US$ 41,6 juta untuk minggu yang berakhir 17 September. Sebagian besar dana yang bernilai US$ 15,3 juta mengalir ke bitcoin. Sedang produk berbasis ether mengumpulkan US$ 6,6 juta. Data CoinShares memperlihatkan, seluruh kripto menikmati arus masuk dana. 

Secara keseluruhan, dana yang mengalir untuk uang digital di sepanjang tahun ini mencapai US$ 5,96 miliar. 

Baca Juga: Selasa (21/9) siang, harga Bitcoin, Ethereum, Binance dll masih turun, sampai kapan?

“Sentimen yang meningkat ini bisa menjadi fenomena musiman, tetapi kami tidak melihat kenaikan volume produk investasi yang sepadan," kata James Butterfill, ahli strategi investasi, di CoinShares.

"Ini menunjukkan, beberapa investor memanfaatkan pelemahan harga baru-baru ini dan popularitas alt-coin yang makin meningkat,” ujar dia.

Sentimen negatif investor yang menerpa bitcoin, menyebabkan arus masuk dana hanya berlangsung dalam tiga pekan dari 16 minggu terakhir, kata laporan itu. Selama tahun ini, total pangsa pasar aset yang dikelola telah turun dari 81% pada Januari menjadi hanya 67% pada Jumat lalu, tambahnya.

Secara keseluruhan, aliran dana masuk ke bitcoin sepanjang tahun ini mencapai US$ 4,2 miliar.

Baca Juga: Terseret krisis Evergrande, harga Bitcoin terjungkal ke US$ 42.000

Penyedia data blockchain, Glassnode, dalam catatan terbarunya pada hari Senin, mengakui latar belakang ekonomi makro saat ini diwarnai meningkatnya ketidakpastian di pasar kredit China. Tetapi, bahkan di tengah lanskap ini, “Aksi harga bitcoin dan tanggapan investor on-chain tampak relatif kuat.”

Glassnode menyebut bitcoin sedang membentuk "rentang perdagangan konsolidasi."

Bitcoin mencapai level tertinggi hampir empat bulan di atas $52.000 pada 6 September. Namun harga bitcoin saat ini melemah 7,4% dari posisi tertingginya menjadi US$ 43.748.

Grayscale masih merupakan pengelola aset kripto terbesar, dengan nilai dana kelolaan mencapai US$ 43,2 miliar, naik dari sekitar US$28,5 miliar di sekitar pertengahan hingga awal Agustus.

Nilai dana kelolaan di CoinShares, manajer aset digital terbesar kedua, mencapai US$ 4,2 miliar. 

Selanjutnya: Tim Ahli Menilai Seperti Ini Cacat dalam Penyusunan Peringkat Doing Business

 

Terbaru