Hanya Rp 10.000 selama 30 hari untuk berita pilihan, independen, dan inspiratif
Berita Bisnis

Begini Cara Mitigasi Penipuan Belanja Onlie ala Marketplace

Minggu, 01 November 2020 | 07:14 WIB
Begini Cara Mitigasi Penipuan Belanja Onlie ala Marketplace

ILUSTRASI. Untuk mencegah aksi penipuan, sejumlah marketplace online menerapkan sistem keamanan berlapis. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Berbagai langkah mitigasi risiko terus dilakukan para perusahaan e-commerce untuk melindungi konsumennya dari aksi penipuan. Salah satunya seperti yang dilakukan Tokopedia. Menurut Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Senior Lead Tokopedia, untuk mencegah aksi penipuan, pihaknya menerapkan sistem keamanan berlapis.
 
Bahkan, dengan parameter tertentu, sistem keamanan tersebut bisa mendeteksi aktivitas mencurigakan pada suatu akun. Selain itu, Tokopedia juga akan menindak tegas pihak tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan platform Tokopedia untuk aksi tipu-tipu.
              
Masyarakat, kata Ekhel, bisa mendapatkan keamanan dalam berbelanja dengan mengaktifkan fitur keamanan akun seperti PIN Tokopedia, Google Authenticator, serta Lapor Aktivitas Login. Masyarakat bisa mempelajari informasi lengkapnya di situs Tokopedia. 

Selain itu, untuk menjaga keamanan akun sebelum melakukan transaksi, Tokopedia memastikan reputasi toko penjual dan ulasan produk dari pembeli sebelumnya. "Kami juga menyarankan masyarakat untuk tidak melakukan komunikasi dan transaksi dengan penjual di luar platform Tokopedia," kata Ekhel. 

Ini Artikel Spesial
Hanya dengan berlangganan Rp 10.000 selama 30 hari Anda dapat membaca berita pilihan, independen, dan inspiratif ini.
Login
ATAU
Reporter: Dikky Setiawan, RR Putri Werdiningsih
Editor: Dikky Setiawan

Baca juga