Berita *Global

Dua Hartawan Dunia Ini Mengalami Perubahan Nilai Kekayaan di Hari yang Sama

Jumat, 04 Februari 2022 | 08:10 WIB
Dua Hartawan Dunia Ini Mengalami Perubahan Nilai Kekayaan di Hari yang Sama

ILUSTRASI. Jeff Bezos dan Mark Zuckerberg

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - BENGALUR. Perdagangan di bursa saham Amerika Serikat (AS), Kamis (3/1), membawa dampak yang kontras terhadap kekayaan dua orang hartawan dunia ini. Nilai kekayaan bersih Mark Zuckerberg turun hingga US$ 29 miliar akibat saham Meta Platforms Inc mengalami penurunan terbesarnya dalam satu hari. Sedang Jeff Bezos mengalami peningkatan harta hingga US$ 20 miliar berkat cemerlangnya kinerja Amazon.com Inc.

Penurunan harga hingga 26% menghapus nilai kapitalisasi pasar Meta lebih dari US$ 200 miliar dalam satu hari. Ini merupakan penurunan market cap terbesar yang pernah dialami emiten di AS dalam satu hari perdagangan.

Mengutip Forbes, penurunan harga saham itu mengakibatkan nilai kekayaan bersih sang pendiri sekaligus Chief Executive Officer (CEO) Zuckerberg turun menjadi US$ 85 miliar. Zuckerberg memiliki sekitar 12,8% saham raksasa teknologi yang sebelumnya dikenal sebagai Facebook.

Bezos, pendiri sekaligus chairman Amazon, memiliki sekitar 9,9% saham pemilik platform e-commerce itu, menurut data Refinitiv. Dia juga orang terkaya ketiga di dunia, menurut Forbes.

 Baca Juga: Saham Pemilik Facebook Rontok, Indeks Sektor Teknologi Tertekan

Laba yang dibukukan Amazon selama kuartal terakhir melonjak berkat investasinya di perusahaan kendaraan listrik Rivian. Perusahaan mengatakan akan menaikkan harga tahunan langganan Prime di AS, mengirimkan sahamnya naik 15% dalam perdagangan yang diperpanjang dan mempersiapkannya untuk kenaikan persentase terbesar sejak Oktober 2009 pada hari Jumat.

Kekayaan bersih Bezos naik 57% menjadi US$ 177 miliar pada tahun 2021 dari tahun sebelumnya, menurut Forbes. Sebagian besar kenaikan itu berasal dari ledakan bisnis Amazon selama pandemi ketika orang-orang sangat bergantung pada belanja online.

Penurunan kekayaan satu hari Zuckerberg adalah salah satu yang terbesar yang pernah ada dan terjadi setelah bos Tesla Inc, Elon Musk, kehilangan harta potensial hingga US$ 35 miliar pada bulan November. Musk, orang terkaya di dunia, kemudian mensurvei pengguna Twitter apakah dia harus menjual 10% sahamnya di pembuat mobil listrik. Saham Tesla belum pulih dari aksi jual yang dihasilkan.

 Baca Juga: Wall Street Tumbang, Kapitalisasi Facebook Anjlok US$ 200 Miliar

Setelah kekayaan bersihnya turun US$ 29 miliar, Zuckerberg tergeser ke posisi ke-12 dalam daftar miliarder real-time Forbes, di bawah mogul bisnis India Mukesh Ambani dan Gautam Adani.

Yang pasti, perdagangan saham teknologi tetap bergejolak karena investor berjuang untuk memperhitungkan dampak inflasi yang tinggi dan perkiraan kenaikan suku bunga. Saham Meta bisa pulih lebih cepat daripada nanti, dengan pukulan terhadap kekayaan Zuckerberg tetap di atas kertas.

Zuckerberg menjual saham Meta senilai $ 4,47 miliar tahun lalu, sebelum pelemahan sektor teknologi pada 2021. Penjualan saham dilakukan sebagai bagian dari rencana perdagangan  yang telah ditentukan sebelumnya, yang digunakan para eksekutif untuk menghilangkan kekhawatiran tentang perdagangan orang dalam.

 

Terbaru