Berita Opini

Inovasi Pelayanan Publik di Era New Normal

Oleh M. Hanan Rahmadi - Analis Kebijakan Ahli Madya Staf Ahli Bidang Administrasi Negara Kementerian PAN-RB
Sabtu, 26 Juni 2021 | 07:30 WIB
Inovasi Pelayanan Publik di Era New Normal

Reporter: Harian Kontan | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Without innovative and adaptive adminsitrative or managerial system, innovative policies are doomed to failure. Kalimat yang pernah disampaikan Ali Farazmand dalam bukunya berjudul Sound Governance: Policy and Administrative Innovations (2004) ini menegaskan, betapa pentingnya inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan. Inovasi dibutuhkan untuk menggapai tujuan organisasi. 

Dalam kajian administrasi publik, konsep inovasi itu memainkan peran penting. Konsep inovasi ini hadir untuk menjelaskan bagaimana kemampuan organisasi bisa survive serta meningkatkan kinerja dengan mengadopsi semangat dalam sektor swasta ke sektor publik (Osborne & Gaebler,1992). 

Ini Artikel Spesial

Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.

Sudah berlangganan? Masuk

Berlangganan

Berlangganan Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi, bisnis, dan investasi pilihan

Rp 20.000

Kontan Digital Premium Access

Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari

Rp 120.000

Berlangganan dengan Google

Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.

Terbaru