Berita Bisnis

KKP Optimistis Ekspor Perikanan di Tahun Ini Tumbuh 10%

Senin, 10 Desember 2018 | 15:44 WIB
KKP Optimistis Ekspor Perikanan di Tahun Ini Tumbuh 10%

ILUSTRASI. Nelayan menuang tangkapan udang

Reporter: Tane Hadiyantono | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID -  Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berupaya meningkatkan ekspor produk perikanan ke mancanegara. Hingga Oktober 2018, KKP mencatat nilai ekspor perikanan sebesar US$ 4 miliar atau naik 12% dari periode sama tahun lalu.  

Kenaikan itu memacu optimisme KKP bahwa nilai ekspor perikanan selama tahun ini bisa tumbuh 10% daripada realisasi tahun lalu, menjadi US$ 5 miliar.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan perikanan (PDSPKP) KKP Rifky Effendi Hardijanto mengatakan, ekspor udang masih menjadi penyumbang terbesar. Proyeksinya, ekspor udang mencapai US$ 1,8 miliar tahun ini dengan volume 180.000 ton. "Kami akan terus meningkatkan ekspor udang ini agar nilainya bisa mencapai US$ 2,8 miliar dalam tempo dua sampai tiga tahun ke depan," ujar Rifky, akhir pekan lalu.

Rifky menjelaskan, agar bisa mencapai nilai ekspor udang sebesar US$ 2,8 miliar, dibutuhkan tambahan volume ekspor udang sebesar 100.000 ton. Untuk itu, PDSPKP tengah bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP untuk bisa meningkatkan produksi udang budidaya dalam negeri.

Selama ini,  produksi udang budidaya merupakan penyumbang terbesar ekspor udang nasional. "Porsinya mencapai 80%. Selebihnya dari perikanan tangkap," imbuhnya.
Selain menggenjot produksi udang, Rifky mengatakan, KKP juga menggenjot produksi ikan lainnya seperti tuna yang berada di urutan kedua terbesar penyumbang ekspor. Kemudian untuk cakalang dan tongkol di urutan kelima dan rumput laut di urutan keenam dari segi nilai ekspor tapi kedua dari segi volume.

Amerika Serikat (AS) masih menjadi pasar ekspor udang terbesar Indonesia. Di AS ekspor udang dari Indonesia merupakan yang terbesar kedua setelah India. Agar nilai ekspor bisa meningkat, KKP tengah menggarap pasar ekspor udang ke Uni Eropa.

Saat ini, Indonesia berada di urutan ke-16 pengekspor udang ke Benua Biru tersebut. Tahun lalu, total nilai pasar ekspor udang Uni Eropa mencapai US$ 6 miliar. Namun  Indonesia hanya mampu meraup sebesar US$ 84 juta dari pasar udang Eropa.

Terbaru