Berita Bisnis

Metro Pacific Investasi ₱ 45 Miliar untuk Bangun Jalan Tol di Manila

Selasa, 29 Januari 2019 | 14:43 WIB

KONTAN.CO.ID - MANILA. Metro Pacific Tollways Corporation akan membangun jalan bebas hambatan di Metro Manila dan Cebu. Perusahaan yang juga menjadi induk PT Nusantara Infrastruktur Tbk (META) ini menganggarkan dana sekitar 45 miliar peso untuk membangun jalan tol tersebut. 

Chief Financial Officer Christoper Metro Pacific Lizo mengatakan, belanja modal tersebut akan digunakan untuk mendanai beberapa pembangunan infrastruktur utama. Di antaranya, Cavite Laguna Expressway, NLEx-SLEx Connector Road, Cebu Cordova Link Expressway, C5 Expressway dan R10 Section of NLEx Harbor Link Project.

"Kami yakin pembangunan lima proyek ini dapat dipercepat dan bisa tuntas lebih awal dari yang diharapkan," ujarnya seperti dilansir dari Manila Standard, Selasa (29/1). Tahun lalu, perusahaan ini hanya menghabiskan dana 9 miliar peso di tengah keterlambatan proyek. 

Metro Pacific sebelumnya telah meneken pinjaman sebesar 24,2 miliar peso dengan Banco De Oro Unibank Inc, Union Bank of the Phillipphines, Rizal Commercial Banking Corp, Bank of the Philippine Islands, Security Bank Corp dan Land Bank of Philippines.

Pinjaman ini sebagian akan digunakan untuk menutupi biaya proyek dan biaya konsensi kepada pemerintah. Perusahaan membayar 27,3 miliar peso untuk biaya konsesi kepada pemerintah setempat untuk pembangunan Calax. 

Calax adalah salah satu proyek kemitraan publik swasta terbesar, yang meliputi jalur tol sepanjang 47 kilometer dan menghubungkan Manila-Cavite Expressway dan South Luzon Expressway. Jalan tol senilai 35,43 miliar peso itu akan mulai dibangun dari Cavitex di Kawit, Cavite dan berakhir di Slex-Mamplasan Intercgange di Binan, Laguna. 

Proses konstruksi diharapkan bakal tuntas pada 2020 mendatang. Sementara operasional dan pemeliharaan akan berlangsung hingga tahun 2050.

Metro Pacific menggandeng Leighton Holdings Australia untuk membangun sisi Cavite dan kontraktor lokal DMCI Consunji Inc untuk membangun sisi Laguna.

Reporter: Narita Indrastiti
Editor: Narita Indrastiti
Shares
Baca juga

IHSG
6.295,74
0.02%
-0,98
LQ45
982,70
0.15%
-1,43
USD/IDR
14.262
0,42
EMAS
749.000
1,06%