KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sepanjang kuartal pertama tahun ini, Ombudsman RI menerima pengaduan masyarakat terkait pelayanan publik sebanyak 2.706 laporan. Anggota Ombudsman RI Dadan Suparjo Suharmawijaya menyampaikan, pemerintah daerah menjadi institusi yang paling banyak masyarakat laporkan, mencapai 1.403 laporan.
Posisi kedua adalah Badan Pertanahan Nasional (BPN) dengan 336 laporan, kemudian instansi pemerintah/kementerian 196 laporan, Kepolisian 168 laporan, dan BUMN/BUMD 167 laporan. "Dari jumlah pengaduan tersebut, sebanyak 1.777 laporan merupakan laporan masyarakat, 893 dari metode Respons Cepat Ombudsman dan 36 laporan merupakan investigasi atas prakarsa sendiri. Pada periode ini, laporan yang telah diselesaikan atau ditutup sebanyak 1.904 laporan," ucap Dadan, Jumat (3/6).
Ini Artikel Spesial
Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan.
Sudah berlangganan? MasukBerlangganan dengan Google
Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.
Kontan Digital Premium Access
Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari
Rp 120.000
Business Insight
Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi bisnis dan investasi pilihan