Berita Regulasi

Pemerintah Cari Mitra Swasta Untuk Revitalisasi Terminal Bus

Jumat, 19 Juli 2019 | 05:22 WIB
Pemerintah Cari Mitra Swasta Untuk Revitalisasi Terminal Bus

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Tedy Gumilar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemhub) bakal melakukan revitalisasi 38 terminal bus tahun depan. Pemerintah ingin mempercantik terminal-terminal dengan cara menambah fasilitas laiknya bandara. Tak akan sendiri, pemerintah akan mengajak swasta dengan kompensasi.

Revitalisasi ini akan menyasar terminal bus tipe A maupun terminal induk. Tahap awal, Kemhub akan mengutamakan revitalisasi terminal di sepanjang jalur Pantai Utara (Pantura).

Revitalisasi dimulai dari Merak, Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur. Revitalisasi juga menyasar pada tiga terminal di luar pulau Jawa. Misalnya di Pare-pare Sulawesi Selatan, Lampung, dan di Padang Sumatra Barat.

Direktur Prasarana Transportasi Darat, Ditjen Perhubungan Darat Kemhub, Risal Wasal menjelaskan, dalam Rancangan Anggaran Biaya (RAB), anggaran untuk merevitalisasi 38 terminal tersebut sebesar Rp 1,5 triliun. "Dana pembangunan terminal tak hanya berasal dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara), tetapi juga dari kerja sama dengan swasta," jelas Risal, Kamis (18/7).

Keterlibatan pihak swasta akan menggunakan skema kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU) atau kerja sama pemanfaatan (KSP) dan Kerja Sama Penyediaan Infrastruktur (KSPI).

"Setiap lahan atau bangunan dalam terminal kami siapkan untuk bisa dikerjasamakan dengan swasta baik dalam bentuk KPBU, KSP, KSPI, bangun guna serah/bangun serah guna (BGS/BSG). Jadi terminal mandiri dengan konsep mixuse, mengarah ke TOD (transit oriented development) menjadi hub kota," terang Risal panjang lebar.

Dalam keterangan tertulis, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, perbaikan-perbaikan terminal yang akan dilakukan tersebut mulai dari sistem, infrastruktur, sumber daya manusia, dan kinerja di terminal.

Revitalisasi terminal ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

Budi memastikan, Kemhub akan serius dalam memperbaiki sistem transportasi darat secara menyeluruh. Perbaikan yang akan dilakukan mulai dari sistem, angkutan, hingga sumber daya manusia.

Terbaru