Berita Regulasi

Pengurus BP Tapera Kemungkinan Ditetapkan Bulan Ini

Senin, 07 Januari 2019 | 09:06 WIB

ILUSTRASI. Ilustrasi rumah subsidi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nama para pengurus Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) bakal diumumkan bulan ini. Daftar nama para kandidat pengisi kursi komisioner dan deputi di BP Tapera sudah diserahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ke presiden.

Direktur Pendayagunaan Sumber Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Adang Sutara menyebut keputusan presiden bisa terbit di bulan ini. "Operasional BP Tapera sudah siap dan komisionernya bisa ditetapkan akhir bulan ini," ujar dia.

Daftar nama calon pengurus BP Tapera merupakan hasil dari rapat komite yang berlangsung pada akhir Desember 2018. Menurut Andang, para pengurus BP Tapera yang ditunjuk akan membantu pemerintah menyediakan rumah bagi warga yang membutuhkan, terutama peserta Tabungan Perumahan Rakyat.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti mengatakan kepengurusan BP Tapera ini akan terdiri dari lima komisioner yang terdiri dari satu kepala dan empat deputi. Adapun keempat deputi ini akan menjalankan peran masing-masing pada bidang pengerahan, pemanfaatan, pemungutan, dan hukum.

Untuk membentuk BP Tapera, pemerintah telah menyuntikkan modal awal sebesar Rp 2,5 triliun. Dana ini akan menjadi dana abadi untuk dikembangkan.

Adang menjelaskan pada tahap awal nantinya kepesertaan Tapera berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN), dan anggota TNI dan Polri. Ia belum menjelaskan kapan berlaku untuk karyawan swasta.
 

Reporter: Kiki Safitri
Editor: Thomas Hadiwinata


Baca juga