Berita Market

Perang Dagang Reda, Kurs Rupiah Hari Ini Lanjut Perkasa

Jumat, 06 September 2019 | 22:35 WIB

ILUSTRASI. KURS Rupiah - Valuta Asing di Bank BRI

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nilai tukar rupiah masih terus menguat terhadap dollar Amerika Serikat (AS). Pada penutupan perdagangan, kurs rupiah hari ini (6/9) di pasar spot menguat 0,38% ke level Rp 14.101 per dollar AS.

Kurs Jakarta Interbank Dollar Spot (JISDOR) juga menunjukkan penguatan. Jumat (6/9), kurs JISDOR ditutup naik 0,09% menjadi Rp 14.140.

Baca Juga: Kurs Rupiah Hari Ini Menguat Ke Level Rp 14.101

Analis Monex Investindo Futures Ahmad Yudiawan bilang, sentimen negatif perang dagang yang mulai reda menjadi penopang rupiah untuk perkasa. Negosiasi antara AS dan China yang akan segera bergulir bisa meningkatkan optimisme dan mendorong pemulihan ekonomi global.

Dari dalam negeri, Yudi melihat, ada sentimen positif dari data cadangan devisa. Cadangan devisa akhir Agustus 2019 naik menjadi US$ 126,4 miliar dibanding bulan sebelumnya sebesar US$ 125,9 miliar. "Cadangan devisa naik sehingga semakin memantapkan kurs rupiah," papar Yudi kepada Kontan.co.id.

Baca Juga: Ketidakpastian global sedikit mereda, rupiah semakin perkasa

Senada, Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan, tekanan sentimen global juga berkurang lantaran situasi seputar perang dagang AS dan China membaik. Pelaku pasar menyambut positif kemungkinan proses negosiasi dagang oleh kedua raksasa ekonomi itu.

Reporter: Adrianus Octaviano
Editor: S.S. Kurniawan


Baca juga