Berita Market

Proyeksi IHSG: Berharap dari Kabinet Baru

Rabu, 23 Oktober 2019 | 05:25 WIB
Proyeksi IHSG: Berharap dari Kabinet Baru

ILUSTRASI. Layar pergerakan IHSG di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali menguat di perdagangan kemarin. Selasa (22/10), IHSG naik 0,43% ke 6.225,49.

Meski IHSG naik, investor asing masih mencatatkan aksi jual bersih di semua pasar sebesar Rp 40,77 miliar.

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana mengatakan, penguatan IHSG tidak lepas dari ekspektasi pasar terhadap pengumuman pembentukan kabinet baru pemerintahan Jokowi pada periode kedua. "Sebenarnya pelaku pasar sudah mengantisipasi pembentukan kabinet ini, karena dalam seminggu ini pasar sudah naik," ujar dia, Selasa (22/10).

Hari ini, Herditya memprediksi IHSG akan lanjut menguat. Ini karena pasar punya ekspektasi iklim investasi dan industri yang lebih baik dan kondusif ke depannya.

Baca Juga: Kabinet Banyak Berisi Profesional, IHSG Hari Ini Menguat Ke 6.225,49

Dia meramal, IHSG bergerak antara 6.150-6.250. Sedangkan Kepala Riset Reliance Sekuritas Lanjar Nafi memprediksi IHSG bisa naik ke 6.215-6.260.

Lanjar mengatakan, investor menilai nama-nama calon menteri Jokowi cukup menarik dalam memperbaharui formasi kabinet kementrian Indonesia. Selain itu, IHSG juga akan cenderung menguat ditopang musim laporan keuangan emiten. Ekspektasi pasar cenderung positif.

Reporter: Akhmad Suryahadi, Avanty Nurdiana
Editor: Herry Prasetyo


Baca juga