Berita Market

Rupiah Masih Berat Menyalip Dollar AS pada Jumat (25/6)

Jumat, 25 Juni 2021 | 07:00 WIB
Rupiah Masih Berat Menyalip Dollar AS pada Jumat (25/6)

Reporter: Achmad Jatnika | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nilai tukar rupiah tidak banyak bergerak, Kamis (24/6). Kurs spot rupiah turun tipis 0,05% ke Rp 14.440 per dollar AS. Kurs tengah rupiah Bank Indonesia (BI) turun 0,06% menjadi Rp 14.462 per dollar AS.

Menurut Kepala Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual, rupiah juga tertekan sentimen eksternal seperti rencana Inggris menaikkan suku bunga. Kenaikan kasus Covid-19 di dalam negeri juga turut jadi sentimen negatif.

Hari ini, pergerakan rupiah masih akan dipengaruhi sentimen kasus Covid-19 di dalam negeri. Pelaku pasar juga akan merespons data ketenagakerjaan dan data final  produk domestik bruto (PDB) kuartal I-2021 AS.

Ekspektasi pasar, data ini memperlihatkan perbaikan ekonomi AS berlanjut. “Kemungkinan besar ini akan menjadi sentimen positif bagi dollar AS,” kata Research and Education Coordinator Valbury Asia Futures Nanang Wahyudin, kemarin.

Nanang memperkirakan, rupiah melemah hari ini. Sementara David melihat peluang rebound setelah melemah dua hari berturut-turut. Kedua analis memperkirakan, rupiah bergerak di rentang Rp 14.420–Rp 14.480 per dollar AS hari ini.

 

 

Terbaru