Berita Global

Sanksi Terbaru AS, Batasi Akses Rusia dan Belarusia ke Pupuk

Sabtu, 09 April 2022 | 10:58 WIB
Sanksi Terbaru AS, Batasi Akses Rusia dan Belarusia ke Pupuk

ILUSTRASI. Orang-orang berbaris di depan apotek, saat invasi Rusia ke Ukraina berlanjut, di Kyiv, Ukraina 1 Maret 2022. REUTERS/Valentyn Ogirenko

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Amerika Serikat (AS) pada Jumat memperluas pembatasan ekspor terhadap Rusia dan Belarusia atas invasi ke Ukraina. Dalam upaya terbarunya menekan Moskow dan Minsk, AS membatasi akses kedua negara itu ke impor barang-barang seperti pupuk dan katup pipa.

Pemerintahan Presiden Joe Biden juga membatasi penerbangan pesawat buatan Amerika yang dimiliki, dikendalikan, atau disewa oleh warga Belarusia untuk terbang ke Belarus. AS menjatuhkan sanksi ke Belarusia atas "tindakan Belarusia dalam mendukung tindakan agresif Rusia di Ukraina."

Washington telah berusaha untuk memperdalam sanksi terhadap Rusia dan Belarusia yang merupakan sekutunya, setelah Rusia menarik pasukannya dari Kiev utara. Bersamaan dengan perginya Rusia, terungkap keberadaan kuburan massal di kota Bucha. 

Baca Juga: Kremlin Akui Kerugian Besar di Ukraina, Rusia Kuburkan Tentara Tewas

AS pada Rabu menargetkan bank dan elit Rusia dengan serangkaian sanksi baru, termasuk melarang orang Amerika berinvestasi di Rusia, sebagai tanggapan atas apa yang dikecam Presiden Joe Biden sebagai "kejahatan perang besar" oleh pasukan Rusia di Ukraina.

Invasi Presiden Rusia Vladimir Putin, yang dimulai pada 24 Februari, adalah konflik paling berdarah di Eropa sejak Perang Dunia Kedua. Rusia menyebutnya sebagai "operasi militer khusus" yang ditujukan untuk melindungi warga sipil.

Kementerian Perdagangan mengatakan akan mulai mewajibkan Rusia dan Belarusia untuk mendapatkan lisensi khusus ketika berusaha untuk mendapatkan sejumlah barang dari pemasok AS dan berjanji untuk menolak lisensi tersebut. Barang tersebut meliputi pupuk, katup pipa, bantalan bola dan bagian lain, bahan dan bahan kimia.

Baca Juga: Intelijen Jerman dan Gambar Satelit Ungkap Pembunuhan Warga Sipil di Bucha, Ukraina

Pemerintah mengatakan barang-barang yang dibuat di luar negeri dengan peralatan AS juga akan memerlukan lisensi AS, yang rencananya akan ditolak oleh pemerintah.

"Ini adalah bukti bahwa mereka akan terus memperketat kontrol ekspor dan menargetkan secara ekonomi kategori-kategori yang belum mereka lakukan," kata Emily Kilcrease, rekan senior di Center for a New American Security dan mantan wakil asisten Perwakilan Dagang AS. , mencatat bahwa Departemen Perdagangan sekarang semakin membatasi akses Rusia ke semua barang yang ekspornya diatur. "Itu signifikan."

Tindakan pada akhir Februari dan Maret menempatkan kontrol yang belum pernah terjadi sebelumnya pada ekspor barang-barang buatan AS dan asing yang ditujukan ke Rusia atau Belarus. Langkah-langkah tersebut, dikoordinasikan dengan lebih dari 30 negara lain, membatasi komoditas, perangkat lunak, dan teknologi yang luas.

Terbaru