Berita Global

China Bersiap Menggelar Ujicoba Tahap Ketiga Pemanfaatan Yuan Digital

Rabu, 02 Maret 2022 | 11:21 WIB
China Bersiap Menggelar Ujicoba Tahap Ketiga Pemanfaatan Yuan Digital

ILUSTRASI. Uang kertas yuan, 25 Juni 2021. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Gelombang ketiga ujicoba penggunaan yuan digital sudah di depan mata. Otoritas di China akan segera menunjuk lokasi ujicoba uang berbasis digital, demikian pemberitaan Securities Times, media keuangan yang didukung pemeritah pada Rabu (2/3).

Menurut surat kabar itu, sejumlah kota dan wilayah telah mengajukan permohonan untuk mengujicoba yuan digital kepada pihak berwenang. Pelamar termasuk provinsi Henan, Fujian dan Heilongjiang, dan kota Guangzhou, Chongqing, Fuzhou dan Xiamen, surat kabar itu melaporkan.

Baca Juga: Ikuti Jejak Lusinan Perusahaan Barat, Exxon Meninggalkan Bisnis di Rusia

China telah menjalankan uji coba publik yuan digitalnya, juga dikenal sebagai 'e-cny', di kota-kota termasuk Shanghai, Beijing, dan Shenzhen. Namun, mata uang tersebut belum mencapai adopsi massal. Layanan pembayaran berbasis seluler yang dijalankan oleh Ant Group dan Tencent Holdings Ltd tetap sangat populer.

Selama Olimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing, e-cny adalah salah satu dari hanya tiga metode pembayaran yang diterima di tempat tersebut, selain uang tunai yuan dan kartu kredit Visa.

Seorang pejabat di People's Bank of China mengatakan bahwa e-cny digunakan untuk 2 juta yuan dalam transaksi harian di persidangan Olimpiade.


Baca juga