Berita Global

Perusahaannya Dituding Melanggar, Pendiri Private Equity Top di China Ini Menghilang

Kamis, 16 Desember 2021 | 19:27 WIB
Perusahaannya Dituding Melanggar, Pendiri Private Equity Top di China Ini Menghilang

ILUSTRASI. Kilat menyambar di kaki langit distrik keuangan Pudong, Shanghai, China, Senin (10/8/2020). REUTERS/Aly Song

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Seorang pendiri private fund di China sekaligus mantan bankir Wall Street menghilang setelah pihak berwenang China memulai penyelidikan atas dugaan pelanggaran keuangan di perusahaannya, demikian pemberitaan Caixin pada Kamis (16/12).

Wang Chaoyong, founding chairman dan chief executive Chinaequity Investment Co, Ltd dinyatakan buron oleh polisi pada 30 November di Beijing. Sejak itu, ia tidak pernah terlihat di depan umum, kata majalah keuangan itu mengutip sumber anonim.

Awal tahun ini, regulator menemukan sejumlah penyimpangan di perusahaan yang dikelola Wang. Perusahaan itu telah menyalahgunakan uang di dana yang dikelolanya, lalu mengagunkan properti yang dimiliki fund untuk membiayai pihak terkait, dan melanggar kontrak, Caixin melaporkan.

Baca Juga: Kepemilikan Asing atas Treasury Per Oktober Mencapai Rekor Tertinggi

Panggilan telepon ke kantor Chinaequity di Beijing untuk meminta komentar tidak dijawab.

Unit investigasi ekonomi di biro keamanan publik cabang distrik Chaoyang di Beijing tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar.

Wang yang pernah merintis karir di sejumlah perusahaan keuangan dunia, seperti JP Morgan dan Morgan Stanley, masih meninggalkan catatan yang mengesankan di situs web perusahaan

Pria berusia 56 tahun itu terakhir terlihat di kantornya di kawasan pusat bisnis ibukota China pada sore hari tanggal 29 November, Caixin melaporkan.

Menurut situs web perusahaan, pada tahun 2015 perusahaan tersebut dinilai oleh Forbes sebagai salah satu dari 25 perusahaan venture capital/private equity teratas di China dengan nilai ekuitas lebih dari US$ 3 miliar.

Terbaru