Berita Market

Prediksi IHSG Hari Ini (8/4), Bergerak Terbatas Karena Sentimen Global

Jumat, 08 April 2022 | 04:00 WIB
Prediksi IHSG Hari Ini (8/4), Bergerak Terbatas Karena Sentimen Global

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) rebound. Pada perdagangan Kamis (7/4) indeks saham acuan domestik ini ditutup menguat 0,32% ke level 7.127,37. Bersamaan, investor asing melakukan aksi beli bersih atau net buy senilai Rp 538,71 miliar di semua pasar.

Analis Erdikha Elit Sekuritas Ivan Kasulthan menilai, sentimen dari domestik masih terbilang cukup minim pada perdagangan kemarin. Penopang IHSG kemarin masih dari arus dana asing yang masuk. Investor asing tampak masih memborong saham-saham bluechip, seperti TLKM, BBRI, INCO, dan EMTK.

Untuk Jumat (8/4), investor masih akan berfokus kepada sentimen global, di antaranya rencana bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve menaikkan suku bunga cukup agresif. Ini terlihat dari notulen rapat FOMC, yang dipublikasika kemarin. Sebagai bagian dari pengetatan kebijakan moneter, suku bunga direncanakan naik kembali di kuartal dua ini.

Kenaikan bunga AS menjadi sentimen negatif bagi pasar saham regional , karena dikhawatirkan memacu arus dana keluar atau capital outflow. “Faktor pendorong kenaikan suku bunga didorong dari masih tingginya tingkat inflasi yang terjadi di AS, sehingga mendorong The Fed menaikkan suku bunga acuan,” terang Ivan.

Harapannya, langkah ini membuat inflasi stabil. Ivan memperkirakan IHSG hari ini bergerak terbatas antara support 7.100 dan resistance 7.150.

Analis Phillip Sekuritas Indonesia Joshua Marcius menyebut, selain sentimen keputusan pengetatan kebijakan moneter bank sentral AS, pengurangan pembelian aset utang mortgage-backed securities (MBS) dan US Treasury juga dapat mempengaruhi pergerakan IHSG di akhir pekan. Sementara dari dalam negeri, pelaku pasar akan menunggu rilis data Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) periode Maret 2022.

Joshua memprediksi IHSG bergerak di rentang support 7.050 dan resistance 7.150. Sejumlah saham yang menurut Joshua bisa dicermati di antaranya TLKM, PTRO, MPPA, INOV, FREN, dan SATU. Sementara saham-saham yang bisa dicermati menurut Ivan yakni ANTM, TLKM, ARTO, BBCA, BBNI, FREN, BBHI, TOBA, GZCO, MPPA dan SRTG.

 

Terbaru