Berita *Global

Seperti Ini Tanggapan Analis dan Pengguna terhadap Yuan Digital

Selasa, 20 Oktober 2020 | 11:26 WIB
Seperti Ini Tanggapan Analis dan Pengguna terhadap Yuan Digital

ILUSTRASI. Mata uang Yuan, Reminbi China (CNY)

Reporter: Nathasya Elvira | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - SHENZHEN / HONG KONG / SHANGHAI (Reuters). Ujicoba yuan dalam bentuk digital menuai pujian dari analis, sekaligus keraguan dari para pengguna. Eksperimen senilai US$ 1,5 juta, yang melibatkan warga Shenzhen itu berakhir pada Minggu (18/10).

Dalam program yang berlangsung selama seminggu itu, bank sentral China (PBOC) memberikan 200 yuan atau US$ 29,75 kepada seseorang yang terpilih melalui undian. Total, ada 50.000 yang terpilih, dan mendapatkan uang dalam bentuk angpao digital.

Baca Juga: Lima E-Commerce Penguasa Pasar Digital Ratusan Triliun

Uang digital itu ditampung dalam aplikasi dompet digital ponsel, yang bisa digunakan tanpa harus memiliki rekening di sebuah bank. Untuk melakukan transaksi, seperti top up atau membayar, pengguna tinggal menggunakan alat pemindai yang ada di ponselnya. Merchant yang terhubung dengan sistim ini mulai gerai cemilan hingga pengecer barang bermerek.

Di mata analis, uji coba uang digital membuktikan Beijing berada di baris terdepan untuk menjadi bank sentral pertama yang mengelola mata uang digital. “Acara minggu lalu benar-benar berarti bahwa (yuan digital) telah berpindah dari pengujian internal teoritis ke praktik dunia nyata,” kata Wang Shibin, salah satu pendiri platform perdagangan cryptocurrency HKbitEX.

Baca Juga: Pengamat: Kehadiran Pemain Dompet Digital Asing Perlu Diwaspadai

Namun, ini telah memicu kekhawatiran dari beberapa pengamat luar negeri. Jika yuan digital beroperasi di luar infrastruktur keuangan yang ada seperti Swift, dan memenangkan daya tarik internasional, maka dominasi dolar AS dalam sistem pembayaran global bisa guncang.

PBOC tidak segera menanggapi permintaan Reuters untuk berkomentar tentang bagaimana program percontohan Shenzhen itu berjalan.

Awal bulan ini, tujuh bank sentral termasuk Amerika Serikat, Inggris dan Jepang, menetapkan prinsip-prinsip utama untuk menerbitkan mata uang digital.

Raymond Yeung, Kepala Ekonom China di ANZ mengatakan, yuan digital akan memiliki pengaruh yang lebih besar di dalam negeri karena memungkinkan pihak berwenang untuk memantau peredaran mata uang lebih dekat, sehingga itu akan membantu mencegah pencucian uang. Ini juga dapat memungkinkan kebijakan moneter yang lebih bertarget, atau secara ekstrim mengenakan suku bunga negatif atas uang tunai.

Dia mengatakan, apakah orang biasa akan berbelanja dengan yuan digital daripada platform pembayaran berbasis ponsel seperti WeChat atau Alipay, “semuanya tergantung pada insentif, dan 'vendor' mana yang lebih banyak memberi motivasi untuk menggunakannya.”

Baca Juga: Transaksi Uang Elektronik Tumbuh Subur di Masa Pandemi Corona

Alipay yang dioperasikan oleh afiliasi raksasa e-niaga Alibaba Group Holding Ltd, dan aplikasi WeChat Pay Tencent Holdings Ltd mendominasi bisnis ini dan telah menjadikan China sebagai salah satu pasar pembayaran paling maju di dunia.

Di distrik Luohu Shenzhen, lebih dari 3.000 toko dari Dolce & Gabbana hingga supermarket menerima yuan digital minggu lalu untuk membayar barang sebagian atau seluruhnya menggunakan perangkat khusus untuk memindai kode QR yang disematkan di aplikasi seluler. Tidak segera jelas berapa banyak dari total giveaway yang telah dihabiskan, atau di mana.

Baca Juga: Negara-negara ASEAN perkuat kerjasama untuk dorong pertumbuhan ekonomi

Reaksi skeptis di antara beberapa penerima hadiah di Shenzhen - yang telah lama digunakan untuk memindai ponsel untuk membayar barang dengan sistem lain - menunjukkan bank sentral dan pemerintah memiliki pekerjaan yang harus dilakukan untuk meyakinkan konsumen tentang manfaat dari yuan digital yang didukung bank sentral.

“Alipay dan WeChat Pay sudah lama tidak beroperasi,” kata Zhong, salah satu pembeli.

“Mata uang digital baru ini mirip dengan yang lain jadi cukup terlambat untuk memulai uji coba,” tambahnya, yang mengatakan dia adalah seorang akuntan.

Zhong mengatakan, dia mungkin mempertimbangkan untuk beralih ke mata uang baru di masa depan, tergantung pada seberapa nyaman dan aman rasanya.

Menarik pengguna akan sangat bergantung pada insentif untuk memikat pelanggan dari Alipay atau WeChat Pay yang sudah terbiasa membeli segala sesuatu mulai dari barang-barang kebutuhan dasar hingga produk keuangan yang kompleks, kata analis.

“Sangat penting untuk menawarkan kemudahan dan manfaat lain untuk mempromosikan penggunaan yuan digital,” kata G. Bin Zhao, Ekonom senior di PwC China.

Baca Juga: Harga Bitcoin bisa awet di level US$ 11.000 hingga awal tahun depan

Beijing mungkin menggabungkannya dengan subsidi, rekening pensiun, atau gaji sektor negara, tetapi “agar yuan digital dapat diterima secara populer, bank dan lembaga lain perlu berinvestasi besar dalam aplikasi, pemasaran, dan pendidikan.”

Pengguna dompet online di pusat kota Shenzhen lainnya yang memberikan nama belakangnya sebagai Yuan, menggemakan gagasan itu dengan mengatakan bahwa membelanjakan hadiah mata uang digitalnya kurang nyaman daripada opsi yang ada.

“Saya tidak berencana menggunakannya lagi,” kata Yuan, yang merupakan pekerja bidang keuangan. Kecuali jika ada amplop merah lain, tentunya.

Selanjutnya: Regulator Jepang selidiki kasus penghentian perdagangan Bursa Efek Tokyo

 

Terbaru