Prabowo dan Penguatan Ekonomi Santri

Selasa, 22 Oktober 2024 | 03:54 WIB
Prabowo dan Penguatan Ekonomi Santri
[ILUSTRASI. Ucapan Hari Santri 2024.]
Fathorrahman Ghufron | Wakil Katib PWNU Yogyakarta, Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam merayakan Hari Santri Nasional (HSN) pada 22 Oktober 2024, sejumlah daerah mengadakan Expo Kemandirian Pesantren. Kegiatan ini menghadirkan berbagai unit usaha yang diinisiasi berbagai lembaga pesantren, madrasah maupun santri baik yang dilakukan secara indie maupun yang tergabung dalam kelompok usaha bersama.

Secara socionomic, kegiatan pameran merupakan ruang karnaval yang tidak sekadar memamerkan produk-produk usahanya secara statik, akan tetapi, pameran tersebut menjadi ajang unjuk diri kepada khalayak luas, bahwa santri pun mampu membuat berbagai produk komersial yang siap dipertandingkan di pasar bebas. 

Terlebih lagi, kegiatan pameran yang dilakukan di berbagai daerah mempunyai distingsi entrepreneurship yang mencirikan khazanah lokalnya. Semisalnya, Expo Kemandirian Pesantren yang dilaksanakan UIN Sunan Kalijaga yang bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Yogyakarta (16-18 Oktober), menghadirkan sejumlah pebisnis dan pengrajin para santri yang memproduksi sajian khas Yogyakarta secara modern. Demikian pula kegiatan expo di Bandung, Mataram, Gorontalo dan berbagai daerah lainnya tentu menghadirkan wiraswastawan santri yang telah mengedepankan produk lokal namun bercita rasa global.

Baca Juga: Rupiah Melemah Pasca Pelantikan Para Menteri Kabinet Prabowo Subianto, Ini Sebabnya

Pelaksanaan Expo Pesantren yang sangat semarak di berbagai daerah tentu beririsan kuat dengan program prioritas yang diinisiasi Yaqut Cholil Qoumas yang didapuk menjadi Menteri Agama tahun 2020-2024. Melalui program tersebut, Menag ingin memperkuat posisi pesantren di kancah wiraswasta melalui tiga strategi. 

Pertama, penguatan fungsi pesantren dalam menghasilkan insan yang unggul di bidang agama, keterampilan kerja dan kewirausahaan. Kedua, penguatan pesantren dalam mengelola unit bisnis sebagai sumber daya ekonomi yang kuat dan berkelanjutan. Ketiga, penguatan pesantren dalam menjalankan fungsi sebagai pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga: Samuel Group Siapkan IPO Dua Anak Usahanya Sekaligus di Bursa Jakarta dan New York

Ketiga strategi itu merupakan modal sosial ekonomi untuk memfasilitasi kegiatan inkubasi bisnis para santri agar mampu memainkan perannya dalam pembangunan ekonomi. Bahkan, melalui program inkubasi bisnis, para santri bisa memosisikan diri sebagai generasi emas yang mempunyai keahlian dan pemahaman yang komprehensif dalam berwirausaha sekaligus berkompetisi di pasar global. 

Hilirisasi untuk santri

Dalam kaitan ini, apa yang sudah dilakukan Menag dalam memfasilitasi para santri dan pesantren untuk menguatkan ekosistem entrepreneurship, baik melalui berbagai program pendampingan dan pemberdayaan inkubasi bisnis maupun kegiatan expo, tentu harus dilanjutkan oleh pemerintahan Presiden Prabowo Subianto. Apalagi, dalam kampanye pencalonan presiden, Prabowo memperkenalkan konsep "Prabowonomics" yang fokus pada pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif.

Meskipun saat kampanye, Prabowo tidak mengeksplisitkan arah hilirasi Prabowonomics kepada santri dalam lima kebijakan strategis yang menjadi pilar utama pemerintahannya. Namun bukan berarti posisi santri menjadi bagian terpisah yang "diluputkan" dari pencapaian target kebijakan strategisnya. Sebab, santri menjadi bagian penting generasi emas yang kemungkinan besar turut menentukan arah perjalanan Indonesia ke depan. 

Baca Juga: Meninjau Evaluasi dan Urgensi Revisi UU Minerba Selama Lebih dari 4 Tahun Berjalan

Oleh karena itu, lima kebijakan strategis yang terdiri dari: 1) swasembada pangan menuju ketahanan nasional; 2) hilirisasi sumber daya untuk menciptakan nilai tambah; 3) penyediaan program makanan bergizi gratis untuk generasi muda; 4) swasembada energi untuk optimalisasi sumber daya domestik; 5) mitigasi kemiskinan melalui pemberian subsidi yang lebih tepat sasaran; perlu dijadikan sebagai titik masuk pula untuk mengakomodasi pemberdayaan dan penguatan ekonomi santri. 

Setidaknya, melalui pelibatan santri di berbagai ruas kebijakannya, maka konstruksi Prabowonomics yang sudah ditegaskan sebagai fondasi pembangunan ekonomi Indonesia, akan menemukan rute nilai tambah ekonomi -- atau berkah dalam bahasa pesantren -- yang komprehensif dan maslahat. Sebab, disadari atau tidak, Indonesia merupakan titik lebur (melting pot) dua arus utama yang dipengaruhi oleh entitas kebangsaan dan keagamaan.

Baca Juga: Badan Penerimaan Negara Masih Menjadi Wacana

Dalam konteks ini, santri merupakan identitas komunal yang secara genealogis beririsan kuat dengan DNA keagamaan plus kebangsaan yang sudah hadir sejak jauh hari sebelum kemerdekaan Indonesia. Maka, Presiden Prabowo mempunyai kewajiban pula untuk memperhatikan keberadaan santri agar bisa hadir dalam roda perekonomian yang digerakkan oleh tim kabinetnya. 

Langkah ini penting dilakukan, agar santri tidak menjadi kelompok yang selalu terpinggirkan dalam panggung ekonomi Indonesia dan nyaris tidak memperoleh akses yang memadai untuk maju. 

Baca Juga: Kabinet Gemuk Diklaim Tak Membuat APBN Bengkak

Apa yang sudah dilakukan oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas melalui program pemberdayaan inkubasi bisnis santri, perlu dioptimalisasikan lagi skala jangkauannya agar pergerakan usaha santri tidak hanya berkutat di wilayah mikro atau menengah ke bawah. Akan tetapi unit usaha santri bisa merambah pada wilayah yang lebih tinggi. 
Untuk melakukan program penguatan bisnis santri yang lebih besar, tentu membutuhkan affirmative action dari Presiden Prabowo agar konsep Prabowonomicsnya betul-betul bisa meresap dan menafasi ekosistem usaha yang dikelola oleh santri. 

Legasi Prabowo

Apabila dalam lima tahun ke depan, Presiden Prabowo benar-benar memberikan perhatian besar pula pada penguatan inkubasi bisnis santri, dan menjadikan pesantren sebagai laboratorium pengembangan ekonomi agar para santri bisa belajar berwirausaha sejak dini, maka konsep Prabowonomics akan menjadi sebuah legasi yang melahirkan model trickle down effect yang berkelanjutan (maslahat dan berkah).

Baca Juga: Harga Biji Kopi Naik, Nilai Ekspor Kopi Indonesia Melesat

Untuk merancang model trickle down effect tersebut, tentu tim ekonomi Presiden Prabowo harus melibatkan para santri akademisi dan santri profesional yang mempunyai kompetensi keilmuan dan terapan dalam merancangkan konsep Prabowonomics yang bervisi kesantrian. Setidaknya, dengan kehadiran mereka ada gagasan yang bisa diakomodasi dan dijadikan bahan pertimbangan utama untuk menjalankan kebijakan ekonomi pemerintahan Prabowo dalam lima tahun mendatang. 

Selanjutnya: Harga Saham Bank Besar Turun, Tapi Prospek Cuan Masih Gemerlap

Bagikan

Berita Terbaru

Bisnis Kawasan Industri Terdongkrak Data Center dan Kendaraan Listrik
| Selasa, 22 Oktober 2024 | 07:25 WIB

Bisnis Kawasan Industri Terdongkrak Data Center dan Kendaraan Listrik

Industri data center dan kendaraan listrik jadi tumpuan.

Pengusaha Batubara Minta Evaluasi Tarif Royalti
| Selasa, 22 Oktober 2024 | 07:15 WIB

Pengusaha Batubara Minta Evaluasi Tarif Royalti

Tarif royalti progresif paling tinggi ditetapkan sebesar 28%.

Luhut Menjabat Ketua Dewan Ekonomi Nasional
| Selasa, 22 Oktober 2024 | 07:10 WIB

Luhut Menjabat Ketua Dewan Ekonomi Nasional

Luhut Binsar Pandjaitan bergabung di pemerintahan Prabowo Subianto.

Dharma Polimetal (DRMA) Andalkan Komponen Roda Dua
| Selasa, 22 Oktober 2024 | 07:05 WIB

Dharma Polimetal (DRMA) Andalkan Komponen Roda Dua

DRMA berusaha memaksimalkan potensi ekspor ke luar negeri.

Prabowo Akan Melanjutkan Proyek IKN Nusantara
| Selasa, 22 Oktober 2024 | 07:05 WIB

Prabowo Akan Melanjutkan Proyek IKN Nusantara

Kementerian Pekerjaan Umum akan berdiskusi dengan Otorita IKN.

Bidang Kerja Komisi XII dan Komisi XIII DPR Ditetapkan
| Selasa, 22 Oktober 2024 | 07:00 WIB

Bidang Kerja Komisi XII dan Komisi XIII DPR Ditetapkan

Tambahan komisi di DPR untuk akomodasi tambahan nomunklatur kabinet.

BNI AM Dikabarkan Berminat Akuisisi Schroder
| Selasa, 22 Oktober 2024 | 06:45 WIB

BNI AM Dikabarkan Berminat Akuisisi Schroder

BNI AM Dikabarkan Berminat Akuisisi Schroder

Terpapar Sentimen Ekonomi Global, Rupiah Hari Ini Diproyeksi Melemah
| Selasa, 22 Oktober 2024 | 06:33 WIB

Terpapar Sentimen Ekonomi Global, Rupiah Hari Ini Diproyeksi Melemah

Ekonom memproyeksi, nilai tukar rupiah akan melemah terbatas pada perdagangan hari ini. 

Sido Muncul (SIDO) Pacu Penjualan di Sisa Tahun
| Selasa, 22 Oktober 2024 | 06:30 WIB

Sido Muncul (SIDO) Pacu Penjualan di Sisa Tahun

SIDO akan mengoptimalkan penjualan Tolak Angin saat musim penghujan.

Gelar IPO, Newport Marine (BOAT) Incar Dana Rp 120 Miliar
| Selasa, 22 Oktober 2024 | 06:28 WIB

Gelar IPO, Newport Marine (BOAT) Incar Dana Rp 120 Miliar

Dana hasil IPO akan dipakai BOAT untuk melunasi sebagian utang dan modal kerja.

INDEKS BERITA

Terpopuler